Ingin Mencapai Kebebasan Finansial? Lakukan 11 Kebiasaan ini

bebas finansial

Mencapai kebebasan finansial atau financial freedom adalah tujuan bagi banyak orang. Kebebasan finansial pada umumnya berarti memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk membeli gaya hidup yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga kita.

Ketika mencapai kebebasan finansial, kita memiliki pendapatan yang terus mengalir sehingga memungkinkan kita untuk pensiun atau mengejar karier yang kita inginkan tanpa didorong oleh penghasilan tertentu jumlah setiap tahun. Terlalu banyak dari kita gagal mencapai tujuan itu. Kita dibebani dengan meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang sangat besar, dan masalah-masalah lain yang menghalangi kita untuk mencapai tujuan kita.

Hal ini dapat terjadi pada semua orang. Akan tetapi, Jika Anda ingin bisa terhindar hal tersebut dan mencapai kebebasan finansial, sebelas kebiasaan ini dapat menempatkan Anda di jalan yang benar.

1. Tetapkan Tujuan Hidup

Keinginan umum untuk mencapai “kebebasan finansial” adalah tujuan hidup yang terlalu kabur dan kurang spesifik. Apa artinya kebebasan keuangan di dalam hidup untuk Anda?

Agar keinginan ini lebih jelas dan terukur, coba tuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, bagaimana gaya hidup Anda dan pada usia berapa kemandirian ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

Kemudian, hitung mundur ke usia Anda saat ini dan tentukan milisi keuangan secara berkala. Tulis semuanya dengan rapi, dan letakkan lembar tujuan di bagian paling awal pengikat keuangan Anda.

2. Buat Anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan dan berpegang teguh pada anggaran tersebut adalah cara terbaik untuk menjamin semua tagihan dibayar dan tabungan berada di jalurnya. Ini juga merupakan rutinitas bulanan yang memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara berlebihan.

3. Bayar Kartu Kredit secara Penuh

Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi yang serupa adalah racun bagi pembangunan kekayaan. Buat titik untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Jangan membeli barang menggunakan kartu kredit kecuali Anda bisa melunasi tagihannya tanpa hidup bersusah payah.

4. Buat Tabungan Otomatis

Daftarkan diri Anda ke dalam rencana pensiun perusahaan tempat Anda bekerja dan manfaatkan sepenuhnya fasilitas tersebut. Adalah bijaksana untuk memiliki penarikan tabungan otomatis untuk dana darurat yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga.

Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama Anda menerima gaji Anda sehingga uang tersebut tidak pernah menyentuh tangan Anda. Ibisa bisa membantu Anda menghindari godaan untuk menggunakan uang tersebut.

5. Mulai Investasi Sekarang

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi. Keajaiban bunga majemuk akan membantu uang Anda tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Meskipun begitu, Anda perlu banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan keuangan yang berarti. Jangan mencoba menjadi pemetik saham atau menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa Anda bisa menjadi Warren Buffett berikutnya.

Ada dua jenis investasi yang bisa Anda pilih yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek berguna untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan jangka pendek. Sedangkan investasi jangka panjang membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Ada berbagai perbedaan lain antara investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel Investasi Jangka Panjang vs Investasi Jangka Pendek.

6. Awasi Kredit Anda

Skor kredit seseorang berdampak pada hal-hal yang tampaknya tidak terkait, seperti asuransi mobil dan premi asuransi jiwa. Alasannya adalah seseorang dengan kebiasaan finansial yang ceroboh juga cenderung ceroboh dalam aspek kehidupan lainnya seperti mengemudi dan minum. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda hitam yang salah yang merusak nama baik Anda.

Tidak dipungkiri bahwa skor kredit penting bagi kondisi finansial. Menjaga skor kredit agar tetap baik adalah keharusan. Bagaimana caranya? Anda bisa membacanya di artikel 7 Cara untuk Memperbaiki Skor Kredit.

7. Pendidikan Berkelanjutan

Tinjau semua perubahan yang berlaku dalam undang-undang perpajakan setiap tahun untuk memastikan semua penyesuaian yang Anda perlukan. Ikuti perkembangan berita keuangan dan perkembangan di pasar saham, dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik terhadap mereka yang berupaya melakukan penipuan dari investasi bodong.

Investasi bodong perlu Anda waspadai agar Anda tidak tertipu. Agar dapat bisa membedakan investasi bodong atau tidak, Anda bisa membaca artikel ini.

8. Perawatan yang Tepat

Merawat properti dengan baik membuat segalanya lebih bertahan lama. Rawatlah mobil, mesin cuci, hingga sepatu dan pakaian Anda. Merawat barang-barang Anda dapat membantu Anda untuk tidak mengeluarkan biaya untuk membeli barang pengganti dalam waktu dekat. Ini berarti Anda bisa lebih hemat.

9. Hidup di Bawah Kemampuan Finansial Anda

Banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum levelnya meningkat menjadi makmur. Anda perlu membuat penyesuaian kecil dengan membedakan antara hal-hal yang Anda butuhkan daripada hal-hal yang Anda inginkan. Ini adalah kebiasaan yang bermanfaat secara finansial dan sehat untuk dipraktikkan.

Jika Anda memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah mobil, gunakanlah uang Anda untuk membeli motor. Ingat, Anda bertujuan untuk menjadi kaya bukan untuk terlihat kaya. Anda tidak perlu menghabiskan semua uang yang Anda miliki.

10. Dapatkan Penasihat Keuangan

Memiliki penasihat keuangan adalah hal yang penting. Penasihat finansial akan membantu Anda untuk terus mengambil keputusan yang bijak terhadap uang yang Anda miliki. Anda tidak perlu membayar seorang financial planner jika Anda tidak memiliki uang. Anda bisa mencari informasi dengan menonton Youtube, membaca buku, atau berbincang dengan teman Anda yang sudah berhasil mencapai kebebasan finansial.

11. Jaga Kesehatan Anda

Prinsip pemeliharaan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Obesitas dan penyakit membuat premi asuransi meroket. Kesehatan yang buruk dapat memaksa Anda pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kesehatan tubuh Anda agar bisa mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Itu dia beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Jika kebiasaan ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan Anda, tidak diragukan lagi akan bisa mencapai impian Anda. Selamat berjuang!

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *